4 Manfaat Membiarkan Anak Berani Bermain Kotor

  • 2 min read
  • Dec 05, 2019
4 Manfaat Membiarkan Anak Berani Bermain Kotor

“Nak, jangan main lumpur, nanti sakit!,” kalimat itulah yang sering jadi andalan para orang tua saat anaknya main kotor-kotoran. Padahal, menurut ahli kesehatan, anak yang suka bermain di tempat kotor cenderung lebih sehat daripada anak yang diproteksi maksimal. Mengapa bisa begitu?

4 Manfaat Membiarkan Anak Bermain Kotor

Manfaat dari main kotor bagi anak sebenarnya sangat beragam. Anak yang berani bermain kotor dapat terlihat mengalami peningkatan daya tahan tubuh, penyembuhan luka lebih cepat, pengurangan risiko penyakit pernafasan dan pencernaan dan pengurangan resiko penyakit jantung. Hanya saja, orangtua jadi lebih ekstra membersihkan pakaian mereka dengan sabun cuci cair pakaian bayi dan anak. Tapi tidak masalah selama anak sehat, bukan?

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ketika anak bersentuhan dengan tanah, atau air yang mengandung kuman, saat itu juga tubuhnya membentuk imun dari setiap jenis kuman yang masuk. Anak lebih tahan terhadap banyak jenis kuman dibandingkan anak yang sangat dijaga pola bermainnya.

  • Menyembuhkan Luka Lebih Cepat

Saat anak mengalami luka terbuka akibat goresan, maka proses sembuhnya akan lebih cepat dengan kontak fisiknya dengan tanah, debu dan lainnya. Saat kulit anak menyentuh tanah atau komponen kotor tertentu, akan menyebabkan hadirnya bakteri baik yang membantu percepatan keringnya luka.

  • Lebih Ceria dan Mood Positif

Saat anak bermain sesuai keinginan salah satunya bermain kotor, maka otaknya akan otomatis membentuk zat serotin yang membantu membuatnya ceria, tidak cemas dan pastinya tidak gampang ngambek.

  • Kurangi Resiko Penyakit Jantung

Tahukah Anda bahwa beberapa jenis kotoran hewan mengandung enzim yang membantu kinerja jantung jangka panjang? Ketika anak bermain kotor dan menyentuhnya, enzim tersebut akan menjadi bagian dari metabolisme. Masalah penyakit jantung pun bisa dihindari saat dia sudah besar.

Yakinlah wahai orang tua, biarkanlah anak Anda bermain kotor dengan tetap diawasi untuk membuatnya lebih sehat. Tak masalah jika harus lebih sering mencuci pakaian super kotornya dengan sabun cuci cair pakaian bayi terbaik. Anda juga yang akan melihat dampak positifnya. Anak jadi jarang sakit dan lebih kuat dalam menjalani aktivitas hariannya. Mau main kotor sekarang? Siapa takut!