4 Tanda Anda Wajib Beralih ke Software Akuntansi

  • 3 min read
  • Jul 29, 2020
Software Akuntansi

Software akuntansi merupakan alat otomasi pengelolaan keuangan bisnis. Beralih ke software akuntansi juga menjadi kewajiban bagi para pengusaha agar mampu bertahan di tengah arus persaingan yang semakin cepat dan ketat.

Selain cepat, penggunaan software accounting bisa meningkatkan akurasi data Anda dalam melakukan perhitungan keuangan. Selain itu, software akuntansi juga bisa membuat diri Anda lebih fokus pada urusan bottom-line bisnis seperti penjualan, marketing atau retensi pelanggan.

Namun sebelum beralih ke software accounting ada baiknya Anda melihat 5 tanda berikut ini sebagai acuan urgensi. Apa saja?

Volume Penjualan Semakin Meningkat

Semakin bisnis Anda berkembang semakin meningkat juga volume penjualan. Hal tersebut ditandai dengan perputaran arus keluar masuk stok barang yang cepat, permintaan yang meningkat, dan juga banyaknya keterlibatan vendor.

Namun meningkatnya volume penjualan juga menyebabkan beberapa masalah teknis misalnya saja sulit memantau dan memutuskan stok barang yang keluar, akan habis, atau masuk. Pencatatan transaksi yang sering luput hingga hal kecil seperti invoice penjualan dan pembelian yang sering hilang.

Masalah-masalah tersebut hanya bisa diselesaikan jika Anda menggunakan tools otomasi akuntansi dan di saat itu pula Anda membutuhkannya.

Dengan menggunakan software akuntansi, Anda bisa membuat invoice dan membagikannya secara daring. Selain itu Anda juga bisa mengatur dan memantau stok barang dan tentunya sebagai fungsi utamanya yaitu otomasi laporan keuangan dan pembukuan.

Mulai Menghabiskan Banyak Waktu pada Urusan Keuangan

Jika Anda lebih sering cek-cok urusan dapur keuangan dengan tim, di saat itulah Anda membutuhkan software akuntansi

Bukan hanya debat terkait urusan keuangan, hal-hal teknis seperti sulit untuk menyeimbangkan neraca saldo, double-check tiap transaksi karena takut ada data yang luput dari pencatatan, atau data yang mislead karena tiap divisi memberikan laporan keuangan yang berbeda dari pencatatan di buku besar dan kesalahan teknis lainnya yang menyebabkan kerugian bagi bisnis Anda.

Menghabiskan banyak waktu pada urusan keuangan bukan hanya mempengaruhi proses keuangan itu sendiri, namun juga mempengaruhi aspek-aspek lainnya yang lebih penting seperti strategi marketing atau strategi pengembangan SDM yang menjadi terbengkalai.

Software akuntansi di saat seperti ini berperan sebagai katalis bagi bisnis Anda. Pertama, bisnis Anda lebih agile karena proses keuangan menjadi lebih cepat. Kedua, bisnis Anda lebih adaptif dengan persaingan di era serba internet. 

Utang-Piutang yang Sulit Terkontrol

Sama seperti di kehidupan sehari-hari, sebuah bisnis tidak luput dari yang namanya utang dan piutang. Bisa dibilang, utang-piutang seperti nadi dalam bisnis. It’s supposed to be and always be.

Sebuah utang terjadi ketika Anda membeli atau menyewa aset bisnis kepada pihak ketiga atau vendor, sedangkan piutang terjadi saat ada transaksi penjualan dimana konsumen memiliki sisa pembayaran yang belum terlunaskan.

Bagi Anda yang telah memiliki volume produksi yang tinggi dengan arus transaksi yang cepat dan banyak, utang-piutang seringkali sulit dipantau rekam jejaknya. Hal tersebut menyebabkan penumpukan utang dan piutang yang keduanya sama-sama merugikan.

Data Keuangan Sering Hilang dan Menyesatkan

Apa yang terjadi jika semua proses keuangan dilakukan secara konvensional terlebih jika perputaran uang dan arus produksi Anda tinggi?

Pertama, bukti transaksi rawan hilang. Kedua, sumber pemasukan dan pengeluaran tidak terpantau dan terakhir rawan terjadi kecurangan yang dilakukan oleh karyawan yang tidak bertanggung jawab.

Hal tersebut memang remeh, namun berdampak besar bagi bisnis Anda. Pengelolaan keuangan bisnis merupakan efek domino dimana terjadi satu kesalahan kecil saja, akan menyebabkan kesalahan lainnya yang lebih besar.

Untuk itu, otomasi pencatatan dan juga laporan akuntansi sangat diperlukan jika Anda ingin membuat bisnis yang dijalankan lebih profesional.

Jurnal, Software Akuntansi Online Terbaik di Indonesia

Jika Anda mengalami tanda-tanda di atas, saatnya bagi bisnis yang Anda jalankan beralih digital dan menggunakan software akuntansi online. Salah satu pilihan terbaik untuk software akuntansi di Indonesia adalah Jurnal by Mekari.

Kenapa Jurnal menjadi software akuntansi online terbaik?

Pertama, software terintegrasi dengan mesin transaksi digital kerjasama, software HRIS Talenta untuk urusan payroll dan juga software perpajakan Klikpajak untuk urusan penunaian kewajiban pajak.

Kedua, memiliki fitur yang dibutuhkan oleh industri terutama dalam menghadapi persaingan era serba internet atau industri 4.0.

FItur-fitur seperti manajemen aset, manajemen pengelolaan persediaan, otomasi laporan akuntansi, pembuatan invoice hingga penyusunan budget.

Selain industri manufaktur, software dan aplikasi keuangan Jurnal juga diperuntukkan bagi startup atau pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM).

Konsultasikan masalah keuangan Anda dengan daftar free trial Jurnal selama 14 hari yang akan dipandu oleh customer support Jurnal yang Andal.