Kondisi transportasi umum yang tidak nyaman saat ini, membuat banyak orang ingin beralih ke kendaraan pribadi. Sayangnya, untuk membeli kendaraan pribadi, terutama mobil murah semisal harga alphard, membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Ada alternatif lain jika Anda ingin membeli mobil, yaitu dengan membeli mobil bekas. Kita terkadang ragu untuk membeli mobil bekas, karena takut tertipu, rusak, atau mobil tidak lagi nyaman. Agar kekhawatiran ini tidak terbukti dan tidak terjadi, kita harus berhati-hati sebelum membeli. Perhatikan baik-baik dan periksa sebelum membeli mobil, bukan hanya fisik mobil tetapi keseluruhan cek. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli mobil.

Berikut ini beberapa tips untuk membeli mobil bekas yang harus Anda ketahui.

  1. Penelitian Sebelum Membeli

Sebelum Anda membeli mobil, prioritaskan untuk penelitian mendalam tentang mobil bekas. Penelitian tentang mobil bekas ini dapat ditemukan dari mana saja, dari teman, keluarga, majalah otomotif, atau dari situs otomotif, dan media sosial.

Dalam penelitian itu, Anda harus mencari spesifikasi mobil, perbandingan masing-masing mobil, dan harga. Pastikan juga mobil ini sesuai dengan keinginan Anda. (Baca Juga: Mobil Sedan Paling Ekonomis)

Pelajarilah dengan baik segala informasi yang masuk. Dari penelitian ini, Anda akan mendapatkan banyak masukan. Semakin banyak informasi yang masuk, ini dapat membantu Anda untuk menentukan mobil bekas yang berkualitas.

  1. Tentukan Tempat Membeli

Setelah melakukan riset, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih tempat membeli mobil. Saat ini ada banyak pilihan, baik dari penjual langsung, ruang pamer, atau melalui perantara.

Cara termudah adalah Anda membeli untuk orang yang ingin menjualnya langsung. Karena, orang tersebut mengerti tentang mobil. Pemilik akan tahu lebih banyak tentang perawatan dan kondisi mobil yang akan ia jual.

Jika Anda membeli melalui dealer atau showroom, keuntungannya adalah Anda memiliki banyak pilihan. Meskipun harga yang ditawarkan lebih mahal dan Anda tidak dapat menggali lebih dalam genai kendaraan. Keuntungan membeli mobil melalui showroom ini adalah mobil dapat diservis terlebih dahulu.

Cara lain yang dapat Anda lakukan saat membeli mobil bekas adalah melalui perantara. Dalam hal ini berarti Anda harus berhati-hati, pastikan perantara mengerti tentang mobil yang dijualnya. Namun, dari segi harga, tentu lebih mahal ketika kita membeli mobil melalui perantara.

  1. Ketahui Latar Belakang Mobil

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil, pertimbangkan juga latar belakang atau seluk beluk mobil. Tanyakan kepada pemilik mobil secara rinci tentang mobil yang akan kami beli. Seperti: kapan harus membeli mobil; di mana Anda biasanya membawa mobil; frekuensi menggunakan mobil; sejarah kerusakan; kecelakaan; dan seberapa sering melakukan servis dan pemeliharaan; juga mengenai alasan penjualan.

Jika Anda puas dengan jawabannya, Anda dapat langsung memeriksa mobil.

  1. Periksa Bodi Mobil

Sebelum membeli mobil, periksa kendaraannya. Bagian pertama yang mudah diperiksa adalah fisik atau bodi mobil. Dari sini kita bisa melihat kejujuran pemilik kendaraan. Bagian fisik mobil yang perlu diperhatikan adalah kondisi cat mobil, apakah ada goresan, karat, penyok, atau masih halus. (Baca Juga: Cara Memperbaiki Badan Mobil)

Kemudian, periksa dan perhatikan setiap detail bodi mobil, termasuk langit-langit. Fitur bagus dari plafon adalah plafonnya masih tebal. Plafon ini perlu mendapat perhatian karena akan melindungi suhu udara di dalam mobil, terutama pada siang hari. Ban mobil juga tidak luput dari perhatian kita. Jika ban hampir habis, Anda mungkin harus menggantinya. Lampu, di bawah mobil, kita juga harus memperhatikan. Jangan luput dari perhatian kita.