5 Cara Menyimpan Cabai Tidak Mudah Kering atau Busuk

  • 2 min read
  • Sep 09, 2021
cabai

Salah satu bumbu dapur yang memiliki daya tahan paling rendah adalah cabai. Padahal memasak cabai akan terasa lebih enak jika menggunakan yang masih segar.

Cabai yang terlalu lama disimpan akan mengering, bahkan bisa cepat membusuk. Ketika terjadi seperti itu, pastinya akan mempengaruhi rasa dari masakan.

Nah, bagaimana cara menyimpan cabai ini agar tidak cepat rusak?

  1. Simpanlah di Kulkas

Salah satu cara agar cabai awet hingga 5 sampai 6 hari adalah dengan menyimpannya di kulkas. Perbedaannya ketika disimpan di tempat biasa hanya bisa bertahan dengan dua hari saja.

Bahkan jika salah menyimpannya, dengan kondisi yang basah, maka bisa lebih cepat membusuk.

Ketika disimpan di dalam lemari es dengan suhu yang stabil sebesar 5 derajat, maka akan membuat cabai tidak cepat mengalami penguapan. Hal ini akan mengontrol kadar air di dalam cabai, sehingga tidak mudah busuk.

  1. Keringkan Cabai Saat Disimpan

Saat disimpan dalam lemari es, cabai harus dalam kondisi yang kering. Karena itu sebaiknya jangan mencuci cabai terlebih dahulu sebelum menyimpannya.

Kalaupun harus mencucinya, sebelum disimpan harus diangin-anginkan terlebih dahulu hingga airnya hilang.

Selain itu, kamu harus memisahkannya terlebih dahulu dengan cabai yang sudah busuk. Kondisi pembusukan pada cabai tidak hanya dipengaruhi oleh kadar air, tapi juga reaksi antara satu cabai dengan cabai lainnya.

  1. Cabang Cabai Harus Dibuang

Agar cabai bisa tetap awet saat disimpan, salah satu caranya adalah dengan memisahkan batang cabai. Batang cabai ini membuat cabai lebih mudah busuk, karena masih ada reaksi pemasakan pada cabai.

Ketika batang cabai dipisahkan, maka proses pemasakan akan terhenti. Sehingga membuat cabai akan berada pada kondisi yang sama lebih lama.

Selain itu, pilihlah cabai-cabai dengan kondisi tanpa cacat. Kecacatan pada cabai tentunya bisa membuat cabai lebih mudah rusak.

Bentuk kecacatan tersebut seperti adanya luka pada bagian cabai, adanya bagian yang sudah busuk atau malah kering, dan lain sebagainya.

  1. Sebisa Mungkin Disimpan dalam Wadah Tertutup

Untuk mempertahankan kondisi cabai lebih lama, cabai harus disimpan dalam wadah tertutup dengan kondisi yang kering. Wadah yang tertutup ini akan menghambat proses penguapan pada cabai.

Untuk menjaga agar cabai tetap berada pada kondisi yang kering, di bagian bawahnya bisa diberikan alas berupa kertas atau tisu.

Kamu juga harus memperhatikan ketika sudah sehari atau dua hari penyimpanan bagaimana kondisi tisu. Jika basah, kamu harus menggantinya dengan tisu baru yang lebih kering.

  1. Campurkan dengan Bawang Putih

Bawang putih yang digunakan dalam penyimpanan cabai ini akan mengurangi reaksi mikroba yang ada di dalam cabai. Sehingga akan mengurangi pembusukan yang terjadi di dalam cabai.

Caranya dengan menambahkan satu siung bawang putih ke dalam wadah yang digunakan dalam penyimpanan cabai tersebut.

Itulah cara menyimpan cabai agar tidak cepat kering ataupun busuk. Namun, kamu sebenarnya tidak perlu repot dengan berbagai cara tersebut.

Karena sekarang TaniHub selalu menyediakan cabai segar dengan kualitas terbaik yang bisa kamu dapatkan setiap hari. Disini banyak berbagai hasil pertanian segar lainnya dari petani Indonesia.

Proses pengirimannya juga sangat cepat, sekarang pesan, besok akan datang di meja dapur kamu.

Jadi, tidak perlu lagi harus kesulitan menjaga daya tahan cabai. Pesan cabai segar dengan kualitas terbaik sekarang juga, hany di TaniHub.