Mungkin banyak diantara Anda yang sudah sering mendengar mengenai patologi klinik bukan. Ini adalah sebuah diagnosis medis mengenai sebuah penyakit berdasarkan analisis laboratorium cairan tubuh manusia, baik itu darah maupun cairan urine, juga jaringan dengan mengandalkan alat kimia, hematologi dan juga patologi. Terdapat cukup banyak dokter spesialis patologi klinik yang ada di Indonesia. Namun memang pada dasarnya tidak semua rumah sakit memilikinya, melainkan hanya terbatas pada beberapa rumah sakit besar yang fasilitasnya penunjangnya juga lengkap.

Biasanya kedokteran yang satu ini juga digunakan untuk mengidentifikasi beberapa jenis penyakit serius yang menyerang tubuh manusia. Juga kerap kali digunakan ketika melakukan tindakan autopsi. Memang pada dasarnya tidak semua jenis penyakit yang menyerang bisa di diagnosa secara mudah hanya dengan melihat gejala-gejala yang dirasakan saja, melainkan harus melalui beberapa macam pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter, ada yang namanya radiologi, kemudian juga tes darah sampai dengan tes dari urine.

Sedangkan untuk tindakan seperti diantaranya adalah patologi ini sendiri juga sering kali digunakan untuk mendeteksi beberapa penyakit tertentu yang memang tidak bisa dilihat hanya dari pengujian radiologi, rontgent, CT Scan dan sejenisnya, apalagi yang serangannya belum terlalu jelas terlihat. Berikut ini diantaranya ada beberapa jenis kondisi kesehatan yang dapat diketahui dari tindakan patologi, yaitu:

  1. Kanker, bukan penyakit yang baru Anda dengar bukan, karena memang kanker ini sudah dikenal sejak lama sebagai jenis penyakit berbahaya atau mematikan yang rentan menyerang siapa saja. Dengan adanya uji patologi ini sendiri nantinya akan diketahui apakah terdapat sel-sel kanker yang tumbuh di dalam tubuh manusia atau tidak. Nantinya akan dilakukan pengambilan sampel jaringan yang diduga terkena penyakit tersebut dan dilakukan sebuah pengujian untuk memastikannya. Hampir semua jenis sel kanker juga dapat diuji dengan mengandalkan patologi ini.
  2. Tumor, yaitu sebuah kondisi kesehatan dimana terdapat pertumbuhan sel-sel atau jaringan yang sifatnya tidak normal di dalam tubuh manusia. Nantinya dapat dilakukan pengujian seperti diantaranya adalah menguji keberadaan sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh dengan mengambil sel tumor tersebut dan memastikan apakah itu termasuk dalam tumor ganas ataukah tidak.
  3. Penyakit hati dan juga ginjal, penyakit yang berhubungan dengan hati seperti yang disebabkan oleh infeksi dari virus hepatitis, A, B maupun C. Kemudian juga masalah kesehatan ginjal layaknya batu ginjal dan gagal ginjal yang kronis nantinya dapat dicek dan dilakukan pengujian secara patologi ini, untuk memastikannya.
  4. Gangguan autoimun, penyakit lupus, kemudian juga graves hingga psoriasis termasuk dalam gangguan autoimun yang dapat dilakukan pemeriksaan atau pengujian menggunakan cara patologi ini. apalagi belakangan penyakit-penyakit semacam ini juga sering kali menyerang manusia.
  5. Infeksi, ternyata juga masalah kesehatan yang disebabkan oleh infeksi, baik itu infeksi virus maupun yang disebabkan oleh bakteri juga dapat dilakukan diagnosa dengan menggunakan teknik patologi ini.

Banyak bukan kegunaannya, lebih aman memang melakukan konsultasi dengan dokter, apakah memang masalah kesehatan yang tengah diderita tersebut dapat dilakukan pengujian dengan patologi ataukah cukup dengan prosedur atau tindakan medis yang lainnya. Temukan dokter spesialis patologi klinik yang tepat dari rumah sakit terbaik untuk berobat. Memilih dokter sama halnya dengan memilih rumah sakit mana yang nantinya akan dijadikan sebagai rujukan untuk pengobatan Anda, sehingga tidak boleh sembarangan.