Waahh.. Sebentar lagi mau UNBK nih. Sama seperti tahun sebelumnya, Ujian Nasional 2019 pun masih memakai tipe soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Dimana soal tersebut sebanyak 15 hingga 20 persen dari keseluruhan total soal. HOTS sendiri memiliki level yang lebih tinggi daripada tipe soal pada umumnya. Rata-rata anak tidak hanya mempelajari materi pelajaran dengan menghafal, tetapi mereka juga harus mempunyai kemampuan analisis dan berfikir kritis mengenai setiap konser materi pelajaran.

Menghadapi Ujian Nasional yang semakin sulit setiap tahunnya, para orangtua  perlu membantu anak dalam persiapannya untuk meringankan beban dan pikiran yang mereka rasakan loh. Dari pagi sampai sore pasti anak sudah letih karena aktivitas yang ada di sekolah Membuat dirinya menjadi enggan untuk membuka buku lagi di rumah.

Walaupun Ujian Nasional semakin dekat, Bunda tidak perlu khawatir lagi dengan kemampuan anak dalam menyerap materi pelajaran. Kini sudah hadir aplikasi Ruangbelajar yang siap membantu sang buah hati untuk belajar menjadi efektif di rumah. Ruangbelajar ini sebagai aplikasi latihan UNBK nih bunda.

Hanya dengan mendownload aplikasi di gadget sudah bisa langsung rasakan manfaatnya dari aplikasi latihan UNBK ini. Tersedia semua mata pelajaran dari semua jenjang yang ada.  Anak pun juga tidak akan bosan karena materinya disajikan berupa video animasi. Selain itu, anak bisa melatih diri menjawab soal-soal dari aplikasi latihan UNBK ini, jangan khawatir ada pembahasannya juga kok.

Selain memantau aktivitas belajar, jangan sampai lengah untuk memperhatikan kondisi fisik anak ya. Perlu diperhatikan bahwa anak sudah mengkonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, berolahraga dan sering meminum air putih. Hal ini dilakukan agar anak dapat berkonsentrasi penuh dan selalu tampil fit.

Saat sedang menghadapi suatu tantangan atau masa sulit seperti ujian, anak-anak akan membutuhkan kehadiran dan perhatian yang lebih dari orang tuanya. Mereka perlu dimengerti, diperhatikan, dan juga didengarkan. Jangan sepelekan saat-saat ini bersama mereka. Bersikaplah terbuka dan luangkan waktu untuk mendengarkan apapun yang ingin disampaikan oleh anak. Disinilah peran orangtua, yang mendampingi anak belajar dan memberikan umpan balik dari jawaban mereka. Berikan alasan mengapa jawaban mereka benar atau salah sehingga mereka bisa benar-benar memahaminya. Hanya menandai dan memberi tahu mana jawaban yang benar dan salah tidak akan menambah pengetahuannya.

Mempersiapkan anak dalam menghadapi ujian bukanlah soal berapa nilai yang akan ia dapatkan. Melainkan soal menunjukkan pada anak bagaimana peran orangtua untuk selalu mendukung dan menghargai usaha mereka, sehingga anak tetap bersemangat untuk terus melakukan perbaikan. Jangan lupa ya untuk dukung anak dengan aplikasi latihan UNBK melalui fitur Ruangbelajar.