Ini Loh Makanan Baik untuk Kesehatan Jantung Anda

  • 3 min read
  • Dec 18, 2020
Makanan Baik untuk Kesehatan Jantung

Penyakit jantung bukan penyakit langka, artinya banyak yang sudah menderita gangguan denyut sejak dulu. Makanan baik untuk kesehatan jantung sudah beredar luas di masyarakat, tapi tetap saja orang yang terserang penyakit ini tidak berkurang. Kuncinya bukan hanya pada makanan, tetapi pola makan.

Percuma saja jika mengonsumsi kacang-kacangan rebus tetapi memakannya dalam jumlah yang banyak. Percuma saja memakan sayuran tetapi saat dicek ke laboratorium kandungan kolesterol tetap tinggi. Artinya pola makan Anda harus dijaga karena makanan yang menyehatkan jantung juga harus dipertimbangkan takarannya.

  1. Kontrol ukuran porsi Anda

Porsi makan adalah kunci kesehatan jantung Anda. Membebani piring Anda secara berlebihan, makan sampai Anda merasa kenyang akan memberikan kalori yang banyak ke dalam tubuh. Porsi yang disajikan di restoran seringkali lebih dari yang dibutuhkan kebanyakan orang, maka jika datang ke rumah makan alangkah lebih baik memesan satu porsi untuk berdua.

Gunakan piring atau mangkuk kecil untuk membantu mengontrol porsi makan Anda. Makan porsi besar makanan rendah kalori dan kaya nutrisi, seperti buah-buahan dan sayuran jauh lebih baik daripada memakan daging cepat saji. Strategi ini dapat membentuk pola makan serta jantung dan membentuk lingkar pinggang Anda lebih ideal. Catat jumlah porsi yang Anda makan. Jumlah porsi yang disarankan per kelompok makanan dapat bervariasi tergantung pada diet atau pedoman dari dokter.

  1. Buah dan sayuran

Serat dari buah dan sayuran mengandung vitamin dan mineral yang berguna untuk tubuh. Sayuran dan buah-buahan juga rendah kalori dan kaya serat makanan yang mampu mengurangi penyakit kardiovaskular. Cuci sayuran dan potong di lemari es Anda agar lebih mudah saat menyajikannya. Pilih resep makanan yang mengandung sayuran atau buah-buahan sebagai bahan utamanya, seperti tumis sayur atau buah segar yang dicampurkan ke dalam salad.

  1. Pilih biji-bijian

Pecaya atau tidak biji-bijian efektif untuk mengatur tekanan darah dan denyut jantung. Anda dapat meningkatkan jumlah biji-bijian dalam diet jantung sehat atau membeli produk yang sudah diawetkan.

  1. Batasi lemak tidak sehat

Membatasi jumlah lemak jenuh dan lemak trans yang Anda makan merupakan langkah penting untuk mengurangi kolesterol darah dan menurunkan risiko penyakit arteri koroner. Tingkat kolesterol darah yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri Anda, yang disebut aterosklerosis, yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Anda dapat mengurangi jumlah lemak jenuh dalam makanan Anda dengan mengurangi lemak dari daging Anda atau memilih daging tanpa lemak dengan lemak kurang dari 10 persen. Anda juga bisa menambahkan lebih sedikit mentega, margarin, dan mentega putih saat memasak dan menyajikan.

Cari alternatif pengganti rendah lemak jika memungkinkan untuk diet jantung sehat. Misalnya, taburi kentang panggang Anda dengan salsa rendah natrium atau yogurt rendah lemak daripada mentega, atau gunakan irisan buah utuh atau olesan buah rendah gula pada roti panggang Anda, bukan margarin.

Kurangi jumlah lemak jenuh dalam makanan Anda dengan mengurangi lemak dari daging Anda atau memilih daging tanpa lemak dengan lemak kurang dari 10 persen. Anda juga bisa menambahkan lebih sedikit mentega, margarin, dan mentega putih saat memasak dan menyajikan makanan.

Akali makanan rendah lemak jika memungkinkan untuk diet jantung sehat. Misalnya, taburi kentang panggang Anda dengan salsa rendah natrium atau yogurt rendah lemak daripada mentega, atau gunakan irisan buah utuh atau olesan buah rendah gula pada roti panggang Anda, bukan margarin. Memeriksa label makanan pada label makanan yang dijual di pasaran adalah hal yang harus Anda perhatikan untuk mengurangi risiko penyakit.

Saat ada makanan yang mengandung lemak, pilih lemak tak jenuh tunggal, seperti minyak zaitun atau minyak kanola. Lemak tak jenuh ganda yang ditemukan pada ikan, alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian tertentu, juga merupakan pilihan yang baik untuk diet jantung sehat. Ketika digunakan sebagai pengganti lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dapat membantu menurunkan kolesterol darah total Anda. Tapi moderasi itu penting. Semua jenis lemak tinggi kalori.

Cara mudah untuk menambahkan lemak sehat dan serat ke dalam makanan Anda adalah biji rami. Biji rami adalah biji kecil berwarna coklat yang tinggi serat dan asam lemak omega-3. Beberapa penelitian menemukan bahwa biji rami dapat membantu menurunkan kolesterol pada beberapa orang, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian. Anda dapat menggiling bijinya dalam penggiling kopi atau food processor dan mengaduk satu sendok teh biji-bijian tersebut ke dalam yogurt, saus apel atau sereal panas.