Kenali Tanda-tanda Usus Buntu Menurut SehatQ Ini

  • 2 min read
  • Jul 06, 2021
Operasi usus buntu

Usus buntu adalah bagian dari organ di mana banyak bakteri baik berkembang biak dan berlindung. Bentuknya kecil dan menempel pada usus besar pada bagian kanan bawah rongga perut. Organ tubuh manusia ini bisa mengalami sakit yang dikenal dengan apendisitis atau usus buntu.

Banyak hal yang memicu terjadinya usus buntu seperti tumor, kotoran yang menumpuk lalu mengeras serta masuknya benda asing. Jika bagian ini tersumbat maka muncul rasa sakit di perut disertai dengan pembengkakan. Operasi usus buntu adalah solusi untuk mengatasinya, oleh karena itu kenali gejala usus buntu terlebih dahulu.

Tanda-Tanda Usus Buntu yang Wajib Diperhatikan

Penting untuk mengetahui apa saja gejala dari penderita usus buntu. Karena penyakit ini membutuhkan penanganan medis lebih cepat. Apabila tidak ditangani maka usus buntu bisa mengancam jiwa apabila pecah.

Apa saja gejala yang bisa diperhatikan saat mengalami usus buntu? Berikut penjelasannya.

  • Demam Disertai Mual dan Muntah

Demam adalah tanda utama yang bisa langsung dirasakan, artinya tubuh sedang melawan penyakit. Suhu tubuh bisa mencapai 37-38 derajat celcius dan akan meningkat seiring bertambahnya pembengkakan usus buntu.

Selain demam, penderita juga akan mengalami mual serta ingin muntah. Gejala ini juga disebabkan karena terjadi pembengkakan pada saluran pencernaan serta sistem saraf.

  • Tidak Nafsu Makan

Mual dan muntah juga akan mempengaruhi nafsu makan penderita. Ketika penderita terus mengalami muntah maka nafsu makan berangsur angsur turun. Ketika mendapatkan asupan makanan bisa langsung dimuntahkan.

Menurunya nafsu makan juga disebabkan karena penderita mengalami perut begah atau kembung. Biasanya perut kembung akan hilang setelah beristirahat, namun jika penyebabnya adalah usus buntu maka produksi gas tidak akan berhenti.

  • Masalah Pada Pencernaan

Selain kedua gejala di atas, tanda lainnya adalah masalah pada pencernaan. Penderita bisa mengalami diare atau justru sembelit. Masalah pencernaan ini tidak bisa diobati hanya dengan mengkonsumsi

Diare atau sembelit akibat usus buntu bisa berjalan dua sampai tiga hari dan sakit perut yang terasa parah.

  • Mengalami Kebingungan

Beberapa penderita juga ada yang merasa kebingungan dan disorientasi. Energi tubuh termasuk oksigen telah terkuras habis pada saat gejala yang dirasakan semakin parah. Padahal oksigen sangat dibutuhkan untuk seluruh tubuh termasuk otak.

Apabila pasokan oksigen terganggu maka penderita bisa mengalami kebingungan. Kondisi ini akan menjadi tanda bahwa infeksi yang terjadi dalam tubuh sudah semakin parah.

  • Rasa Nyeri pada Perut Kanan Bawah

Tanda yang paling mudah terasa adalah adanya kram perut pada bagian bawah kanan perut. Namun bukan sekedar kram, rasa sakit lebih ke arah nyeri secara berlebihan. Artinya iritasi pada lapisan dinding perut sedang terjadi.

Pada beberapa kasus, rasa sakit yang muncul tidak selalu ada di bagian kanan bawah perut. Ada yang merasakan di bagian panggul. Bagi ibu hamil jika usus buntu menyerang maka rasa sakit biasanya ada pada perut bagian atas.

Apabila semua gejala ini dirasakan segeralah periksa ke fasilitas kesehatan terdekat supaya bisa mendapatkan tindakan medis sesegera mungkin. Apa saja tindakan yang akan didapatkan bisa langsung disimak di aplikasi atau website SehatQ.

Masuk ke menu tindakan medis, di sana ada banyak penjelasan mengenai tindakan untuk berbagai macam jenis penyakit termasuk usus buntu. Kamu juga bisa langsung booking rumah sakit terdekat supaya mendapat penanganan lebih cepat.

Yuk segera periksakan diri kamu dan jangan menunggu sampai parah. Kamu bisa cek dulu apa saja penanganan yang akan didapatkan saat usus buntu melanda di SehatQ.