Jika Anda telah didiagnosis menderita zat besi rendah atau anemia dalam kehamilan Anda, Anda tidak sendirian. Karena meningkatnya permintaan pada tubuh wanita dan peningkatan volume darah, anemia adalah kondisi yang sangat umum dalam kehamilan. Zat besi yang rendah dapat membuat Anda merasa lelah, sakit kepala, pusing, dan memiliki gejala anemia lainnya. Dengan mengonsumsi makanan kaya zat besi untuk Penambah Darah, Anda dapat membantu mencegah atau memerangi anemia pada kehamilan dan pascapersalinan.

Mengapa Anda Membutuhkan Tambahan Besi?

Wanita hamil makan makanan yang seimbang dan memberikan perhatian khusus pada kebutuhan harian untuk nutrisi tertentu. Zat besi dan asam folat adalah yang paling penting dalam Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil.

Saat Anda hamil, tubuh Anda membutuhkan zat besi dua kali lipat dari biasanya. Itu karena zat besi sangat penting untuk sel darah merah ekstra yang akan dibuat tubuh Anda untuk bayi. Sel darah merah membawa oksigen ke organ dan jaringan Anda, serta janin Anda.

Zat besi penting selama kehamilan Anda, tetapi bahkan lebih penting lagi pada trimester pertama dan ketiga. Karena tubuh tidak benar-benar menghasilkan zat besi, Anda perlu mendapatkannya dari makanan dan suplemen.

Makanan Kaya Zat Besi

Makanan yang tinggi zat besi secara alami bisa sangat membantu dalam mencegah dan mengurangi gejala anemia. Manfaat mendapatkan zat besi dari makanan adalah Anda biasanya bisa menyerapnya lebih baik daripada pil dan suplemen lainnya. Ini juga tidak menyebabkan gangguan usus yang mungkin disebabkan oleh beberapa obat.

Mungkin sulit untuk mengonsumsi jumlah zat besi yang disarankan, meskipun memasak dengan besi cor dapat meningkatkan zat besi dalam makanan hingga 80 persen.

Apa Saja Makanan Penambah Darah Bagi Ibu Hamil?

Memasukkan makanan berikut ke dalam diet Anda adalah cara yang baik untuk mencapai tujuan harian:

  • Sayuran hijau gelap, seperti bayam, sawi hijau, dan kangkung
  • Buah kering, termasuk aprikot, prem, kismis, dan buah ara
  • kol parut
  • Kecambah
  • Brocolli
  • Kentang
  • Kacang, kacang polong, dan lentil
  • Telur, terutama kuningnya
  • Daging, terutama daging merah dan hati, meskipun daging ayam, dan kambing juga baik
  • Ikan, kerang, dan tiram
  • Tahu
  • Sereal, biji-bijian, dan pasta yang diperkaya
  • Roti gandum

Vegetarian

Menjadi seorang vegetarian dalam kehamilan adalah hal yang baik. Terlepas dari kenyataan bahwa tubuh menyerap sumber zat besi hewani lebih baik daripada sumber nabati, Anda tidak harus makan daging untuk meningkatkan asupan zat besi.

Sebagai gantinya, Anda dapat memilih salah satu opsi vegetarian yang disebutkan, memastikan Anda makan lebih banyak dari makanan ini daripada biasanya. Makanan yang mengandung bibit gandum juga merupakan pilihan yang baik dan makan buah jeruk yang mengandung banyak vitamin C akan membantu masalah penyerapan.

Daging

Jika Anda suka makan daging dan ingin menambahkan lebih banyak ke dalam makanan Anda, daging merah akan memberi Anda zat besi paling banyak. Peringatan di sini adalah bahwa Anda tidak boleh memesan steak atau daging lain yang langka selama kehamilan.

Itu dapat meningkatkan risiko trichinellosis Anda , infeksi yang disebabkan oleh cacing gelang yang jarang terjadi tetapi harus diwaspadai.

Meskipun daging adalah sumber zat besi yang baik, variasi juga penting. Cobalah makan makanan nabati yang kaya zat besi setiap hari juga untuk memastikan Anda mendapatkan semua jenis zat besi yang baik.

Tingkatkan Penyerapan Zat Besi

Anda juga dapat meningkatkan jumlah  zat besi yang  diserap tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan kaya zat besi bersama dengan vitamin C. Pikirkan mengemil buah-buahan seperti jeruk atau lebih sering menambahkan tomat ke dalam makanan Anda.

Namun, Anda harus menghindari kalsium dengan makanan tinggi zat besi atau ketika mengambil suplemen zat besi karena dapat mengurangi penyerapan dala proses Penambah Darah anda.