Makanan lokal terbaik untuk dicoba di Jakarta sebagian besar terdiri dari masakan tradisional orang-orang ‘Betawi’ (Batavia), yang sendiri adalah campuran kreol yang kaya, dengan pengaruh negara serta petunjuk dari pulau-pulau Indonesia yang berbeda di wilayah tersebut seperti Melayu, Sumatra, Jawa, Bali, Sulawesi dan Ambon. Perpaduan ini membuat budaya makanan yang berbeda, dengan hidangan yang berkisar dari sup pedas hingga makanan manis.

Berikut adalah daftar makanan lokal terbaik di Jakarta paling populer yang dapat Anda temukan dan cicipi di ibukota, tersedia di warung pinggir jalan dan beberapa restoran andalan populer di restoran Indonesia di dalam hotel bintang lima.

Beberapa hidangan warisan budaya ini disajikan sebagai highlight selama pekan raya ‘Pekan Raya’ tahunan di Jakarta. Nikmati kompilasi ini dengan menghadirkan berbagai tekstur dan rasa yang menarik; hidangan dan minuman yang sebenarnya diturunkan selama berabad-abad dan dari generasi ke generasi. Dengan adanya Delivery Nasi Tumpeng di Jakarta Anda akan lebih gampang untuk mendapatkan makanan paling khas di jakarta.

Delivery Nasi Tumpeng di Jakarta

Apa Saja Makanan Lokal Terbaik untuk Dicoba di Jakarta?

Asinan Jakarta

Hidangan Jakarta yang populer ini secara luas dianggap paralel dengan kimchi Korea. Dan seperti halnya kimchi, asinan hadir dalam beberapa variasi. Secara umum, hidangan asin dan asam menyegarkan datang sebagai campuran sayuran acar, yaitu tauge, tahu, selada dan kol Cina, disiram dalam campuran saus pedas, asam dan manis. Topping bervariasi, biasanya menggabungkan kacang dan kerupuk udang yang menyeimbangkan kesenangan yang luar biasa lezat ini.

Bubur Betawi

 Bubur atau bubur, yang jelas memiliki akar kuat dalam masakan Cina, dikonsumsi secara luas di seluruh Indonesia sebagai hidangan sarapan atau makanan ringan setiap saat sepanjang hari. Versi Betawi sendiri disajikan dengan sup bening ditambahkan, dan kaya dengan topping.

Ini biasanya terdiri dari dadu kecil atau serpihan dan potongan ayam dan telur goreng, bersama dengan topping kerupuk udang, kacang kedelai goreng, daun bawang cincang dan bawang merah goreng. Bubur mudah dicerna dan membuatnya menjadi hidangan yang lebih sehat dan mengisi dibandingkan dengan sup ayam.

Kerak Telor

Kerak telor, pada dasarnya berarti ‘kerak telur’, adalah hidangan makanan jalanan lokal favorit yang menggunakan telur ayam atau bebek, dicampur dalam wajan panas dengan nasi, kelapa parut dan bakar, nasi lengket putih setengah matang, udang asin kering, udang panggang bawang merah, dan campuran pedas dari cabe merah, jahe, kencur atau jahe aromatik (kaempferia galanga), dan lada, garam dan gula secukupnya.

Biasanya dijual selama Pekan Raya Jakarta tahunan oleh para penjual jalanan, beberapa mungkin dengan sengaja membalik wajan atau wajan setelah menyelesaikan proses memasak dan membakar sedikit telur dadar, memberikan rasa yang unik dan berasap.

Lontong Sayur

 Ketupat dan lontong, keduanya kue beras yang banyak digunakan dalam masakan tradisional Indonesia, ditampilkan secara bergantian dalam hidangan populer ini. Komponen utama adalah sup pedas kental yang terbuat dari santan yang diresapi dengan serai, lengkuas, kunyit, daun salam, daun lemon dan lada.

Kue beras, diiris-potong disajikan bersama dengan sup, bersama labu, irisan tomat; labu siam, tauge, wortel, kacang ular dan udang kering. Variasi termasuk ayam atau daging sapi muda, dan disajikan dengan kerupuk udang atau irisan telur rebus di atasnya.

Onde-onde

Walaupun kue bundar yang lezat ini mudah ditemukan di sebagian besar Asia Tenggara dengan kehadiran budaya Tionghoa yang signifikan, ini harus dicoba saat Anda berada di Jakarta. Kue onde-onde mudah diidentifikasi; mereka ukuran bola Ping-Pong, cokelat dan ditutupi biji wijen.

Goreng segar, kulitnya renyah, tetapi menjadi tekstur lembut saat dingin. Di dalam potongan bulat adalah kacang hijau tumbuk. Variasi jarang terjadi, tetapi mungkin termasuk ubi, kacang merah atau labu. Demikianlah Artikel tentang makanan lokal terbaik untuk dicoba di Jakarta selamat menikmati!!