Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Mental Anda

  • 2 min read
  • Aug 05, 2020
Air Putih

Beberapa dari kita pergi berhari-hari, berminggu-minggu atau lebih tanpa minum air langsung, tetapi mendapatkannya dalam jumlah yang lebih rendah dari sumber lain, seperti kopi, soda, atau minuman lain, dan beberapa makanan, terutama buah-buahan, sayuran dan sup bening.

Padahal sebenarnya mendapatkan asupan air langsung dari air putih merupakan pilihan yang lebih tepat karena setidaknya setengah dari komposisi tubuh manusia adalah air, dan setiap sel bergantung padanya, itu tidak baik untuk kesehatan fisik kita dan juga kesehatan mental.

Namun, terkait kesehatan mental, barangkali masih banyak orang yang belum begitu mengetahui manfaat air putih untuk kesehatan mental tersebut. Oleh karena itu simak penjelasan berikut.

Bagaimana Dehidrasi Mempengaruhi Otak?

Sementara otak manusia terdiri dari sekitar 75 persen air, cara pertama dehidrasi mempengaruhi otak dan mengubah cara kita berpikir dan merasakan adalah dengan memperlambat sirkulasi. Ini menurunkan aliran darah, yang berarti lebih sedikit oksigen yang bepergian ke seluruh bagian tubuh, termasuk otak.

Mengapa dehidrasi ringan dapat begitu cepat mempengaruhi suasana hati adalah subjek yang masih dipelajari. Teori yang paling umum adalah bahwa itu adalah salah satu dari banyak sistem peringatan tubuh manusia bahwa ada sesuatu yang tidak sebagaimana mestinya dan harus ditangani.

Ketika dehidrasi memburuk, fungsi kognitif semakin terganggu, menyebabkan delirium. Dehidrasi parah dapat menyebabkan ketidaksadaran dan bahkan koma, hingga akhirnya menyebabkan kematian. (1)

Bagaimana Kita Tahu Jumlah Air yang Harus Dikonsumsi?

Tidak ada yang secara resmi menetapkan jumlah air yang terbaik setiap hari. Iklim, tingkat aktivitas, kesehatan umum, dan usia adalah faktor penting.

Kami biasanya menganggap tanda pertama dehidrasi sebagai haus.

Yang memang benar, tetapi pada saat Anda haus, Anda sudah cukup dehidrasi sehingga suasana hati dan fungsi Anda terpengaruh.

Aturan umum adalah delapan hingga sepuluh delapan ons gelas air, atau sekitar dua liter, per hari. Lebih banyak pada hari-hari panas, dan meningkat seiring dengan aktivitas fisik yang lebih besar. (1)

Apakah Ada Langkah Mudah Menuju Kesehatan Mental?

Dehidrasi sangat cepat mempengaruhi perasaan dan cara berpikir kita. Jika Anda, berjuang dengan gangguan suasana hati atau memiliki perjuangan lain dengan bagaimana fungsi dan proses otak Anda, mengapa membuatnya lebih sulit untuk diri sendiri?

Minum air secara teratur sepanjang hari adalah langkah mudah dan efektif untuk mengambil upaya kita untuk menjadi sehat secara mental. Mulailah dengan segelas air hal pertama di pagi hari. Minum dua atau tiga gelas di antara waktu makan.

Jadi bawalah botol air kemana pun Anda pergi. Ingat untuk meminumnya bisa menjadi masalah. Bahkan pada level rendah, dehidrasi mempengaruhi cara kita berpikir. Saya tidak tahu tentang Anda, tetapi saya dapat cukup kesulitan dengan yang terhidrasi sepenuhnya.

Seperti yang saya katakan beberapa tahun yang lalu, meminum antidepresan atau penstabil suasana hati bukan tentang merasa bahagia, ini tentang berpikir jernih.

Minum air yang cukup membuat otak kita tidak harus berjuang melawan efek dehidrasi, memungkinkan kita untuk berpikir lebih jernih daripada jika kita membiarkan diri kita mengalami dehidrasi.

Tetap terhidrasi dengan minum cukup air adalah salah satu aspek kesehatan fisik, emosi, dan mental yang baik. Kami bukan satu-dimensi dan pendekatan kami terhadap kesehatan mental seharusnya juga tidak.

Itulah tadi manfaat air putih untuk kesehatan mental Anda. Untuk air putih berkualitas selalu pilihlah AQUA, karena kesegarannya tetap terjaga, setiap tetes kemurniannya melalui lebih dari 400 cek kualitas, dan dikemas langsung dari sumbernya. AQUA juga terpercaya lebih dari 45 tahun menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis. Selain segar, beragam kandungan baik seperti magnesium, kalsium, zinc, silika, dan zat lainnya mampu menyehatkan organ tubuh. Mineral yang terkandung di dalam AQUA juga merupakan mineral yang terlindungi, karena AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber air itu sendiri.

Source:

  1. https://www.aifc.com.au/how-important-is-water-hydration-to-mental-health/#:~:text=Drinking%20enough%20water%20keeps%20our,%2C%20emotional%2C%20and%20mental%20health.