Manfaat Instagram untuk Bisnis, Salah Satunya Bisa Meningkatkan Penjualan dengan Cepat

  • TanggaSurga
  • May 29, 2022

Masih ragu dengan manfaat Instagram untuk bisnis? Dari data statistik, sekitar 1 miliar orang menggunakan Instagram dan 63% adalah pengguna aktif. Bayangkan seberapa banyak orang yang bisa melihat konten bisnismu jika diposting di Instagram. Peluang mendapat exposure sangat tinggi dan jangkauan juga luas.  Apalagi dengan adanya penambah followers ig yang akan menambah popularitas di bisnis kamu.

Media sosial yang fokus berbagi foto dan video ini jadi tempat promosi yang sangat menguntungkan. Banyak pengusaha baik kecil maupun besar menggunakan Instagram sebagai sarana marketing. Apalagi sekarang banyak fitur baru yang bermanfaat untuk promosi dan meningkatkan penjualan. 

Jika masih ragu dengan manfaat Instagram untuk bisnis, simak artikel berikut ini. Kamu bisa melihat bagaimana manfaat yang bisa dirasakan dengan menggunakan Instagram sebagai sarana bisnis.

Manfaat Instagram untuk bisnis yang harus diketahui

Sebagai salah satu platform media sosial terbesar, Instagram punya banyak manfaat untuk bisnismu. Bahkan ada yang menggantungkan hidupnya dari Instagram. Berikut manfaat yang bisa kamu rasakan langsung.

1. Bisa menjangkau audiens yang lebih luas

Dengan banyaknya pengguna aktif Instagram di seluruh dunia, kamu punya peluang besar dalam menjangkau audiens yang lebih luas. Media sosial Instagram membuat tidak ada batas jarak dan waktu sehingga siapapun bisa melihat postinganmu tanpa terkecuali. 

Dari data statistika Instagram punya pengguna aktif bulanan lebih dari 500 juta hingga 1 miliar orang. Jumlah ini semakin bertambah setiap bulannya. Pengguna Instagram juga menghabiskan banyak waktu untuk menjelajahi media sosial ini. Tercatat mereka rata-rata menghabiskan 53 menit setiap harinya. 

Sebagai bisnis yang bergerak di dunia digital, kamu punya kesempatan besar menjangkau audiens yang lebih luas. Jangkauan ini lebih besar dibandingkan iklan di media mainstream. Budget yang diperlukan juga lebih sedikit. Sehingga promosi di Instagram sangat cocok untuk kamu yang baru merintis bisnis dan modalnya masih terbatas.

2. Mudah mempromosikan produk atau layanan

Berdasarkan data ada 81% pengguna yang mengaku terbantu untuk menemukan produk dan layanan baru melalui Instagram. Selain itu 80% orang mengatakan bahwa mereka membuat keputusan membeli produk setelah melihatnya di Instagram. Berdasarkan data ini sudah terlihat jelas bahwa Instagram punya peluang besar untuk melakukan promosi produk. 

Di Instagram kamu bisa dengan mudah mempromosikan produk atau layanan. Banyak fitur yang mendukung para pengusaha untuk menawarkan dagangannya. Beberapa fitur Instagram yang bisa digunakan untuk mendukung bisnismu seperti berikut ini.

  • Instagram Shopping: fitur Instagram ini sangat mendukung pebisnis karena bisa mengarahkan calon pembeli untuk melakukan transaksi langsung. Jika sebelumnya calon pembeli harus keluar aplikasi untuk menuju situs website, sekarang pengguna sudah bisa melakukan transaksi dalam satu kali klik. Dengan mengetuk produk yang ada di foto atau video bisa langsung mengarah ke katalog produk. Hal ini sangat membantu meningkatkan penjualan. 
  • Shop able Tags: fitur yang ada di Instagram Stories ini bisa menampilkan tag atau label di Stories. Kamu bisa dengan mudah mempromosikan produk di Stories dengan fitur ini. 
  • Instagram Promoted Posts: promosi postingan secara langsung dengan menyesuaikan target audiens, durasi waktu, dan besaran budget.
  • Link Swipe Up atau See More: fitur di Instagram Stories ini memungkinkan pengguna untuk menuju link dengan swipe up. Hal ini sangat memudahkan calon pembeli untuk melakukan transaksi secara langsung.

3. Meningkatkan penjualan secara langsung

Ini adalah manfaat yang paling bisa dirasakan oleh pengusaha. Dengan menggunakan Instagram untuk bisnis, kamu bisa meningkatkan penjualan secara langsung. Berbagai fitur yang di tawarkan oleh Instagram akan meningkatkan penjualan. Tak heran banyak pengusaha yang tetap bertahan jualan di media sosial ini meski banyak platform baru bermunculan. 

Instagram selalu memerhatikan kebutuhan penggunanya dan memunculkan fitur baru yang bisa jadi solusi. Selain itu sepertiga pengguna Instagram juga sering melakukan pembelian setelah melihat produk di media sosial ini. Apalagi sekarang ada fitur Instagram Shopping yang semakin memudahkan dalam melakukan transaksi. Kamu bisa meningkatkan penjualan secara signifikan dengan memanfaatkan Instagram.

4. Membangun hubungan baik dengan pelanggan

Dari segi engagement rate, Instagram punya nilai yang lebih tinggi daripada platform lainnya. Nilai engagement ratenya mencapai 3% yang artinya interaksi didalamnya baik. Selain fokus ke penjualan, Instagram juga bisa jadi sarana mempererat hubungan dengan pelanggan. Dengan begitu brand bisa punya pelanggan loyal di tengah keadaan ekonomi yang tidak stabil. 

Untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan kamu bisa saling berkomentar di postingan, menggunakan hashtag unik, memaksimalkan user generated content (UGC), dan pancing pertanyaan di stories. Dengan interaksi yang intens dengan followers, kamu bisa membentuk hubungan yang baik hingga akhirnya jadi followers yang loyal. Harapannya yang tadinya hanya followers loyal bisa jadi pelanggan loyal juga