Masih andalkan jargon selfie expert, Oppo kembali menggempur pasar domestik dengan ponsel dual selfie camera. Menjanjikan sederet keunggulan di sisi fotografi, Oppo F3 dibanderol dengan harga yang lebih hemat dibanding F3 Plus yang juga mengusung dual kamera di bagian depan. Bergeser ke bagian belakang pengguna akan mendapatkan kamera dengan ukuran 13 megapiksel. Lantas dengan banderol harga empat jutaan, apakah perangkat ini cukup layak untuk memenuhi kebutuhan selfie Anda? Simak ulasan lengkapnya dalam tulisan berikut:

Desain

Sama seperti F3 Plus, Oppo F3 masih mengandalkan material metal dengan bezel tipis yang menonjolkan kesan solid sebagai nilai jual perangkatnya. Memiliki dimensi yang lebih ramping dibanding sang kakak, F3 tidak mengadopsi enam garis antena di bagian belakang. Bagian belakangnya hanya dihiasi dua garis antena yang diletakkan masing-masing di ruas atas dan bawah. Desain unibody sang ponsel mengambil bentuk yang sama persis dengan F3 Plus dengan bentuk yang tergolong slim. Ketebalan ponsel ini bahkan terpaut hanya sekitar satu milimeter dari F3 Plus yang memiliki bodi lebih besar. Keseluruhan dimensi F3 memang sangat pas untuk pengguna yang kerap memasukkan ponsel ke saku celana.

Layar 5,5 Inci Berlapis Gorilla Glass

Bagian depan Oppo F3 juga masih mengakomodasi layar dengan konsep desain 2.5D berlapis Corning Gorilla Glass 5. Diagonal kaca yang digunakan berkurang jadi 5,5 inci, meski resolusi yang didukung masih tetap sama. Agar mata pengguna terasa nyaman kala menatap layar, Oppo melengkapi F3 dengan teknologi perlindungan mata bertajuk ‘Eye Protection Display’.

Pemindai Sidik Jari Multifungsi

Menyatu dengan tombol home yang berada di bawah layar, pemindai sidik jari milik F3 sanggup mengenali sidik jari hanya dalam waktu sekitar 0,2 detik. Sama seperti F3 Plus, tombol Home pada F3 merupakan panel rata yang tidak membutuhkan tekanan untuk mendapatkan respon. Anda cukup menyentuh lembut tombol hanya untuk kembali ke halaman utama perangkat ketika sedang menggunakan ponsel atau menyalakan layar dari posisi mati dengan sidik jari. Sidik jari yang Anda simpan juga dapat Anda manfaatkan pula untuk mengunci aplikasi, mengunci file atau sekadar untuk unlock screen. Dari ketiga opsi tersebut, Anda bisa menambahkan tiga pola layar berbeda sebagai kunci cadangan jika sensor gagal membaca sidik jari.

Prosesor Octa Core dengan RAM 4GB

Performa F3 disokong sepenuhnya oleh prosesor MediaTek MT6750 octa core yang sanggup dipacu hingga 1,5GHz. Besaran penyimpanan internal 64GB yang didampingi oleh RAM seluas 4GB terasa optimal kala digunakan untuk menjalankan berbagai macam aplikasi dan game favorit. Sementara untuk perluasan memori juga dapat dilakukan dengan menambahkan kartu microSD pada slot yang letaknya terpisah dengan SIM2. Guna menghidupi perangkat, Oppo telah menyiapkan baterai berukuran 3.200mAh. Berbeda dengan F3 Plus, Oppo tidak membekali F3 dengan fitur pengisian daya cepat VOOC Flash Charge.

Antutu53029
3D Mark373 (Sling Shot Extreme)
PC Mark2694
Base Mark1023 (Overall)
Basemark X12905 (Gaming Performance)
GeekBench 4 | Single Core | Multi Core7682781

Ketika baterai dalam kondisi kritis, Anda juga dapat menghidupkan fitur penghemat daya dari toggle yang bisa Anda akses dari bilah notifikasi. Untuk mengetahui lebih lengkap kinerja perangkat serta baterai dari Oppo F3, Anda dapat menyimaknya dari hasil benchmark serta tes baterai berikut.

Jenis AktivitasPersentase pengurangan
Menonton video HD 60 menit17
Mendengarkan musik 60 menit6
Bermain game HD 60 menit30
Browsing Internet LTE 60 menit6

Dual SIM dan Dedicated MicroSD Card Slot

Memiliki dua slot kartu nano SIM, ponsel ini juga dilengkapi pula dengan slot kartu microSD untuk memperluas memori. Meski sudah memiliki ruang penyimpanan yang tergolong besar, namun demikian Anda dapat memasukkan dua SIM serta menyisipkan kartu microSD dengan leluasa. Jaringan data yang didukung juga terbilang lengkap mulai dari 2G, 3G hingga 4G LTE yang dapat beroperasi pada semua operator di tanah air.

Multimedia

Alunan musik F3 terdengar merdu berkat pembekalan teknologi Dirac Research AB yang menghadirkan suara berkualitas Real HD lengkap dengan pengaturan equalizer tambahan.

Dual Camera untuk Group Selfie

Sama seperti sang kakak, Oppo membekali F3 dengan dua buah kamera di bagian depan yang mengusung sensor 8 megapiksel sudut lebar dan 16 megapiksel bersudut normal. Sensor 8MP disiapkan untuk mengakomodasi kebutuhan selfie bersama teman yang sanggup mengabadikan gambar dengan sudut selebar 120 derajat. Sementara untuk sensor utama dapat Anda gunakan untuk berfoto selfie dengan kualitas gambar yang lebih tajam.

Kamera Utama 16MP Apperture F/2.2

Oppo mempersenjatai F3 Plus dengan kamera sebesar 16 megapiksel buatan Sony, sementara untuk F3 pengguna tentu harus cukup puas dengan kamera berukuran 13MP. Nilai apperture F3 Plus yang semula f/1.7 juga harus mengalami penurunan menjadi f/2.2 pada F3. Fitur OIS dan dual LED dual tone flash juga tidak akan Anda temui pada F3. Demikian pula dengan kemampuan mengabadikan videonya yang sekarang hanya dapat menghasilkan resolusi maksimal 1080p.