sumber : rencanamu.id

Pembuatan skripsi merupakan momen yang dibilang menyulitkan untuk sebagian besar para mahasiswa. Tak hanya memerlukan proses yang memakan waktu dan tenaga, gangguan yang dihadapi pun banyak macamnya. Sulit mencari referensi yang bagus, dosen sulit untuk ditemui, sampai masalah flashdisk yang tiba-tiba terkena virus atau file penting mu terhapus. Ditambah lagi proses pembuatan skripsi yang membutuhkan biaya tidak sedikit, terutama masalah print.

Kamu bisa coba trik dari kami tentang tips cerdas untuk mahasiswa yang sedang skripsi supaya lebih hemat biaya. Agar nanti kamu tidak kesulitan dan bisa lebih fokus mengerjakan skripsinya.

Dipastikan pada judul yang akan diajukan ke dosen pembimbing berdasarkan penelitian yang sudah kamu kuasai secara topiknya.

sumber : hipwee.com

Kerjakan penelitian skripsi yang sudah kamu pahami dengan matang dan jangan lupa lakukan penelitian terkait tentang apa pun yang nanti akan dibutuhkan untuk penelitian mu. Kemudian kamu pastikan untuk mencari jurnal, artikel dan buku-buku yang sering dijadikan referensi yang mudah didapat dan harganya terjangkau. Tidak mau kan tiba-tiba disuruh ganti judul yang sudah di tengah jalan dengan alasan tidak sanggup karena kurang menguasai pokok tersebut atau merasa kesulitan saat mencari referensi. Tanpa disadari sudah buang-buang biaya!

Kamu bisa jadikan tempat magang mu sebagai objek penelitian skripsi, tentunya akan lebih mudah menjelajahi informasi sekaligus irit biaya!

sumber : mamikos.com

Sebelum kita menggarap skripsi, kebanyakan mahasiswa melakukan praktek atau magang terlebih dahulu. Nah, jangan sampai kamu melewatkan kesempatan melakukan riset skripsi sambil magang. Tentunya, akan menghemat biaya dan waktu. Kamu akan lebih mudah mendapat informasi sekaligus data dari responden yang bisa dijadikan bahan penelitian mu di tempat magang.

Cobalah bantu mengerjakan proyek penelitian milik dosen, keuntungan tersebut bisa kamu dapatkan ketika menyusun skripsi nanti

sumber : duniadosen.com

Jika mendapat tawaran membantu dosen untuk mengerjakan proyek penelitiannya, kamu bisa ikut ambil bagian tersebut, lebih lagi jika topik penelitian dosen mu berhubungan dengan skripsi yang kamu buat nanti. Kamu bisa memanfaatkan momen seperti itu agar lebih dekat dengan dosen sehingga beliau dapat memantau pengerjaan skripsi kamu jadi lebih mudah. Tidak hanya imbalan berbentuk uang yang akan kamu dapatkan, kamu juga akan mendapat ilmu dan nilai yang bermanfaat. Selain itu kamu pun bisa menggunakan fasilitas untuk mendukung penyusunan skripsi milikmu. Seru bukan?

Bahan referensi tak harus membeli buku, kamu bisa pinjam atau cari jurnal yang tersedia di internet

sumber : news.okezone.com

Tersedianya referensi penuh diperlukan pada penyusunan skripsi. Kebanyakan sumber tersebut dari jurnal ilmiah dan buku yang disarankan oleh dosen pembimbing. Tak usah repot-repot kamu beli, pinjam saja dari temanmu atau pinjam di perpustakaan. Jika kamu membutuhkan sekali, kamu bisa memfotocopy nya saja. Lagi pula masih banyak jurnal-jurnal ilmiah yang banyak tersedia di internet, so kamu tidak perlu bingung lagi.

Pakailah printer sendiri untuk mencetak lembar bimbingan agar lebih efektif!

sumber : simplybusiness.co.uk

Agar tidak boros biaya dan tak perlu lagi bolak balik ke tempat fotocopy kamu bisa membeli printer. Kegunaan printer bukan hanya untuk mencetak saja, tetapi printer zaman sekarang bisa untuk fotocopy juga. So, jika kamu ingin membeli printer kamu bisa membelinya di toko langsung atau di online shop kesayanganmu. Kamu bisa membeli printer di toko maupun di online shop yang khusus jual printer berbagai merk berkualitas dan bagus.

Dari 5 point di atas, solusi terpenting yaitu kamu harus mengerjakan skripsi sendiri. Jika kamu tahu apa yang dikerjakan oleh dirimu sendiri, tentunya kesalahan pada pengerjaan dan percetakannya semakin minim kan? Dan yang terakhir adalah teliti. Banyak sekali kasus-kasus kesalahan pada cetak dengan perkara typo saja. Jangan sampai kamu mengalami hal itu! Semangat untuk kamu yang sedang menjalani skripsi!. Baca juga informasi Dosen IPB Memenangkan Penghargaan Academic Leader.