Waspada! Berikut Tanda Paru-Paru Bermasalah

  • 2 min read
  • Aug 20, 2020
Paru-Paru

Paru paru menjadi organ penting yang berkaitan erat dengan sistem pernapasan manusia. Ketika organ ini bermasalah, maka tubuh pun akan mengalami masalah yang tidak bisa dielakkan. Kebanyakan orang, sering lupa dan tidak terlalu memerhatikan akan masalah pada organ yang satu ini. Apalagi, setiap masalah yang muncul kadang sulit untuk dideteksi. Meskipun begitu, berikut adalah beberapa tanda yang bisa menjadi sinyal adanya masalah pada organ paru Anda. Apa sajakah itu?

Merasa Lelah Berlebihan

Kelelahan merupakan kondisi umum yang banyak dirasakan oleh masyarakat. Terlebih ketika sudah mengerjakan aktivitas yang berat dan menguras tenaga. Namun, jika Anda merasakan lelah berlebihan walaupun tidak beraktivitas berat, patut dicurigai karena bisa menjadi tanda adanya masalah di organ paru Anda.

Hal ini bukan tanpa alasan, ketika paru-paru bermasalah maka sel akan kekurangan oksigen di mana nantinya akan mengalami kegagalan dalam memproduksi energi. Tak hanya itu, organ paru yang bermasalah pun bisa menghambat proses pengaliran oksigen ke seluruh tubuh sehingga badan mudah merasa lelah.

Sulit Bernapas dan Batuk Tidak Henti

Tanda lain yang bisa menjadi sinyal organ paru bermasalah adalah ketika Anda mengalami kesulitan saat bernapas. Baik itu napas tersengal-sengal, adanya suara nyaring ketika bernapas, hingga kesulitan menghirup udara atau oksigen. Hal tersebut bisa menjadi tanda permasalahan yang jika dibiarkan bisa berdampak membahayakan.

Tak hanya itu, tanda lain adanya masalah pada paru-paru adalah batuk yang tiada henti. Terlebih jika batuk tersebut disertai dengan keluarnya lendir atau darah. Apalagi jika Anda mengalami demam bisa jadi organ paru Anda terkena bronkhitis yang tidak lain merupakan tanda infeksi di organ paru.

Berat Badan Turun Drastis

Ada beberapa kondisi tertentu yang menjadikan berat badan seseorang tiba-tiba turun drastis. Rupanya hal ini tidak selalu berkaitan erat dengan masalah pencernaan. Masalah pernapasan pun bisa berpengaruh pada turunnya berat badan seseorang. Pasalnya, masalah ini terjadi ketika adanya pengurangan massa otot yang diakibatkan oleh peradangan di dalam tubuh atau organ paru Anda.

Biasanya, penurunan berat badan pun akan ditandai dengan beberapa gejala lainnya seperti sakit dan sesak di dada. Kondisi ini disebut dengan pleuritis yang merupakan peradangan pada salah satu jaringan di sekitara paru-paru.

Kebingungan

Tanda lain yang menjadi sinyal adanya masalah pada organ paru adalah adanya kebingungan. Kebingungan tidak bisa dihindarkan karena kurangnya pasokan oksigen ke dalam tubuh. Ketika pasokan oksigen ini kurang khususnya otak, maka otak tidak bisa berpikir dengan jernih. Tak jarang juga beberapa orang yang mengalami masalah cukup serius bisa menyebabkan hilangnya kesadaran secara tiba-tiba.

Selain itu, ada juga tanda lainnya yang mengisyaratkan tubuh mengalami masalah di bagian organ parunya. Tanda ini bisa berupa kulit menjadi pucat. Hal ini terjadi karena darah maupun oksigen tidak dialirkan dengan benar ke seluruh tubuh. Kulit pucat pun bisa disertai dengan bibir atau jari-jari yang tampak kebiruan.

Pada dasarnya, paru-paru akan sangat mungkin mengalami masalah. Terlebih jika Anda sering merokok atau pola hidup yang dilakukan tidak sehat. Jika Anda mengalami beberapa tanda tersebut, ada baiknya segera konsultasikan dengan dokter yang sesuai dengan bidang spesialisasinya.

Jika memang Anda belum siap untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter atau langsung ke rumah sakit, Anda bisa mengunjungi aplikasi Halodoc. Di Aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan beragam informasi yang berkaitan dengan masalah paru-paru lengkap dengan gejala hingga cara pengobatannya. Bahkan, Anda juga bisa melakukan konsultasi gratis secara realtime dengan dokter ahli di bidangnya.